-->

Pemda MTB Canangkan Imunisasi Campak Jerman

Pemda MTB Canangkan Imunisasi Campak JermanSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku melaksanakan pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) atau Campak Jerman pada Jumat (3/7) pada pukul 06.50 WIT.

Pencanangan yang ditandai dengan jalan santai ini dihadiri oleh Bupati MTB Petrus Fatlolon, Kapolres MTB AKBP Raymundus Andhi Hedianto, Dandim 1507 Saumlaki Letkol Rahmat Saerudin, Wakapolres Kompol Lodivicus Tethool, Wadanyon 734/SNS Kapten Jainal Arifin, Sekretaris Daerah (Sekda) Piterson Rangkoratat, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dr Meikyal Ponto, perwakilan anggota DPRD MTB, Ketua MUI MTB Tamzil Harman, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Drs.Adolf Hilkia Lokra, Staf Ahli Bupati Bid.Pembangunan dan Pengembangan SDM Drs.Deotero A.T.Sabono, M.Si, para pimpinan SKPD lingkup Pemda MTB, para pimpinan Instansi Vertikal di MTB.

Sementara para peserta Jalan Santai ini terdiri dari staf dan pegawai se-SKPD lingkup Pemda MTB, unsur TNI dan POLRI, perwakilan Instansi Vertikal Kab.MTB, perwakilan Perbankan dan para guru dan pelajar tingkat SLTP se-Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Para peserta melewati beberapa  rute yang diawali dari pelabuhan Feri menuju Pasar Lama hingga Mapolres MTB di Jln. Ir. Soekaro dan tiba di halaman Kantor Bupati pada pukul 07.55 WIT.

Menurut ketua Panitia Pencanangan, Meikyal Ponto, kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) pada tahun 2018 merupakan Keputusan Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia bernomor KK.01.07/Menenkes/191/2017 tanggal 11 April 2017 tentang pembentukan Kelompok Kerja Nasional Eliminasi Campak dan Pengendalian Rubella.

"Ini untuk mencapai Eliminasi Campak dan Pengendalian Rubella tahun 2020 secara nasional dan untuk MTB,  tujuan khususnya adalah meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap Campak dan Rubella secara cepat, memutuskan transmisi Virus Campak dan Rubella, menurunkan angka kesakitan Campak dan Rubella dan menurunkan angka kejadian CSA," ujar dia.

Dikatakan anggaran untuk pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) di MTB tahun 2018 yang dilaksanakan saat ini bersumber dari APBD kabupaten pada DPA SKPD Dinas Kesehatan MTB tahun 2018.

"Untuk pelaksanaan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) di MTB tahun 2018 dilaksanakan dengan pembiayaan APBD pada Kabupaten MTB, APBD Provinsi Maluku dan APBN tahun 2018," tutur Ponto.

Diungkapkan waktu dan tempat pelaksanaan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) di MTB tahun 2018 dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September tahun 2018 .

"Hal ini akan dilaksanakan pada seluruh kelurahan, desa, dusun di sepuluh kecamatan di Kepulauan Tanimbar yang pencanangannya dilaksanakan pada hari ini," tutup dia.

Selanjutnya Bupati Fatlolon dalam sambutan sekaligus mencanangkan dengan resmi Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) tahun 2018 serta membuka rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di MTB ini menyatakan bahwa program ini masuk dalam visi misinya memimpin Tanimbar.

"Imunisasi Campak dan Rubella ada program nasional yang perlu mendapat perhatian kita semua karena sangat penting bagi pembentukan generasi muda MTB yang sehat. Sebab salah satu poin penting dalam visi pembangunan Kab.MTB tahun 2017 - 2022 yaitu mewujudkan Maluku Tenggara Barat yang Sehat, dan untuk pencapaian visi ini maka berbagai program hendaknya dilakukan, salah satunya adalah pelayanan kesehatan gratis kepada seluruh masyarakat di seantero MTB," ujar dia.

Ia mengharapkan agar semua pihak dapat turut serta membantu menyukseskan kampanye campak jerman ini sehingga kesehatan di Bumi Duan Lolat dapat semakin ditingkatkan.

"Atas nama Pemda MTB saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Maluku, khususnya Dinas Kesehatan dan juga Dinas Kesehatan MTB, yang mana telah melaksanakan kegiatan ini, serta ucapan terima kasih juga kepada semua pihak terutama para ASN dalam Dinas Kesehatan Kab.MTB yang mana telah turut serta mendorong dan melaksanakan kegiatan ini dengan baik," ucap dia. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel